HOME
ABOUT
INFORMASI PPDB
PROFILE
EMAIL
ALUMNI
GALLERY
MENU PEMBELAJARAN
CARRIER
EVENT
ARTICLE
DOWNLOAD

Informasi PPDB


DAFTAR UNIT :









Komentar Terbaru :


IP Address : 54.90.86.231
Pengunjung : 285.355


Newsflash :
PROFICIAT UTK SD TAR.5 JKT YG MEMPEROLEH PENGHARGAAN DARI MUSEUM REKOR DUNIA INDONESIA (MURI) PADA SABTU (12/1/2019) ATAS PRESTASI MEMBUAT KERTAS TERBANYAK DARI BAHAN KERTAS DAUR ULANG OLEH PELAJAR             |             SELAMAT KPD SD TARAKANITA 5 JKT YG TELAH MERAIH PRESTASI JUARA FAVORITE GREENMECH, JUARA 2 GREENMECH, JUARA 2 ROBOT FOR MISSION DLM KOMPETISI NASIONAL 2018 GREENMECH & RTM(ROBOT FOR MISSION)YG DISELENGGARAKAN OLEH RUMAH EDUKASI DI UNIV.TARUMANEGARA PD 19/5/18             |             Proficiat kpd Wilhelmine Maria Loe dan Anna Maria Agra Nathanniela(SMA Stella Duce 1, Yogyakarta)yg memperoleh nilai tertinggi dan peringkat 3 UNBK SMA 2018 Jurusan Bahasa dan Budaya di Daerah Istimewa Yogyakarta             |             PROFICIAT KPD LIDIA SANTOSO ( SMA STELLA DUCE 1, YOGYAKARTA ) YG MEMPEROLEH NILAI TERTINGGI UNBK SMA 2018 DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA             |             SISWA - SISWI SD, SELAMAT MENEMPUH UJIAN NASIONAL 2018             |             SISWA - SISWI SMP, SELAMAT MENEMPUH UNBK 2018             |             UNTUK PUTRA - PUTRI SMA, SELAMAT MENEMPUH UJIAN NASIONAL 2018             |             SISWA - SISWI SMK TARAKANITA JAKARTA & SMK PIUS X MAGELANG, SELAMAT MENEMPUH UNBK 2018             |             PROFICIAT KPD TK TARAKANITA SOLO BARU, MENJADI JUARA I LOMBA KOOR TINGKAT KABUPATEN SUKOHARJO TAHUN 2018             |             PROFICIAT KEPADA VENERINI RANUM CLASSY DEWI (SISWI SMA STELLA DUCE 2 YOGYAKARTA, PESERTA BEASISWA TARAKANITA-HARIMA, JAPAN) SEBAGAI JUARA PERTAMA (GOLD AWARD) SEKALIGUS JUARA FAVORIT (AUDIENCE AWARD) DALAM SPEECH CONTEST BAHASA JEPANG DI HIMEJI CITY, HYOGO, JEPANG

Artikel :



PAK-PAK TUNG ala MANNEQUIN CHALLENGE SD TARAKANITA SOLO BARU


Jumat; 10 February 2017 [Tim kehumasan, SD TARAKANITA SOLO BARU] - Artikel Umum

Pak-pak tung alah bapak dadi patung” semua yang main diam tak bergerak, mematung  bak patung. Yang bergerak paling duluan akan kalah dan akan “digethok” atau ditepuk bagian tubuh jumlahnya sesuai dengan kesepakatan di awal permainan.Idi depan adalah  salah permainan anak-anak tempo dulu yaitu era tahun 80-90an.Permainan yang hampir mirip di era ini adalah Mannequin Challenge alias tantangan mematung bak maneken. Sesuai dengan eranya, kalau dulu hanya sebatas  permainan selesai  juga selesai. Tetapi  Mannequin Challenge  ini direkam kemudian mengunggah vidionya  ke media sosial.  Pak-pak tung hanya dimainkan oleh anak-anak tetapi pak-pak tung ala zaman ini menjadi fenomena baru    di mana berbagai kalangan, mulai dari politikus, pemain bola, artis, hingga masyarakat biasa, berbondong-bondong mengunggah video mannequin challenge di media sosial.  

Tak luput anak-anak  turut meramaikan tren Mannequin Challenge.  Konsep Mannequin Challengesebenarnya sederhana. Kita perlu mengajak teman-teman mematung dalam waktu 30 detik hingga satu menit. Biasanya pose mematung merujuk pada kegiatan tertentu. Lantunan lagu  dipakai  mengiringi  sebagai  backgaround agar suasana lebih hidup. Dengan ini, Mannequin Challenge berhasil menjadi kehebohan baru  dan keasyikan di antara mereka.

Tren yang dapat menjadi perhatian  anak yang nota bene akan memberikan keasyikan dan kebahagiaan dengan sendirinya dapat digunakan sebagai media pembelajaran. Pak-pak tung dimanfaatkan  untuk pengelolaan kelas di mana saat KBM di kelas  anak-anak sudah bosan dan ramai, tiba-tiba guru meneriakkan pak-pak tung, secara otomatis anak-anak akan diam. Anak yang tidak siap atau bergerak sebelum dihentikan diberi pertanyaan materi pelajaran.

 Mannequin Challengejuga dapat digunakan untuk pembelajaran Bahasa Indonesia yaitu seni drama ataupun ketrampilan. Di mana anak-anak secara kelompok diberi  tema tertentu di mana ada penyusun naskah, sutradara, pemeran, maupun pengambil gambar. Ternyata hal tersebut bagi anak-anak sebagai  sebuah tantangan yang  menyenangkan yang ditanggapi dengan antusia. Dan hasilnya pun luar biasa.

Saya telah mencoba di kelas 6A SD Tarakanita Solo Baru, hasilnya luar biasa. Sebagai wujud karya dan kreativitas mereka dapat menambah rasa percaya diri yang mungkin penilaian secara teori/kognitif mereka rendah . Contoh karya mereka adalah sebagai berikut  atau dapat dilihat melalui https://www.facebook.com/anastasia.dwikhristianingsih/posts/1326021160788267?pnref=story

Selamat mencoba

By : Anastasia Dwi Khristianingsih

            SD Tarq Solo Baru





Komentar - komentar untuk artikel ini :
Belum ada komentar pada artikel ini..


Silahkan isi komentar pada form di bawah ini.
Nama :
Alamat Email :
Komentar :

Tuliskan Kode berikut :



Artikel Lainnya :