HOME
ABOUT
INFORMASI PPDB
PROFILE
EMAIL
ALUMNI
GALLERY
MENU PEMBELAJARAN
CARRIER
EVENT
ARTICLE
DOWNLOAD

Informasi PPDB


DAFTAR UNIT :









Komentar Terbaru :


IP Address : 54.90.86.231
Pengunjung : 285.343


Newsflash :
PROFICIAT UTK SD TAR.5 JKT YG MEMPEROLEH PENGHARGAAN DARI MUSEUM REKOR DUNIA INDONESIA (MURI) PADA SABTU (12/1/2019) ATAS PRESTASI MEMBUAT KERTAS TERBANYAK DARI BAHAN KERTAS DAUR ULANG OLEH PELAJAR             |             SELAMAT KPD SD TARAKANITA 5 JKT YG TELAH MERAIH PRESTASI JUARA FAVORITE GREENMECH, JUARA 2 GREENMECH, JUARA 2 ROBOT FOR MISSION DLM KOMPETISI NASIONAL 2018 GREENMECH & RTM(ROBOT FOR MISSION)YG DISELENGGARAKAN OLEH RUMAH EDUKASI DI UNIV.TARUMANEGARA PD 19/5/18             |             Proficiat kpd Wilhelmine Maria Loe dan Anna Maria Agra Nathanniela(SMA Stella Duce 1, Yogyakarta)yg memperoleh nilai tertinggi dan peringkat 3 UNBK SMA 2018 Jurusan Bahasa dan Budaya di Daerah Istimewa Yogyakarta             |             PROFICIAT KPD LIDIA SANTOSO ( SMA STELLA DUCE 1, YOGYAKARTA ) YG MEMPEROLEH NILAI TERTINGGI UNBK SMA 2018 DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA             |             SISWA - SISWI SD, SELAMAT MENEMPUH UJIAN NASIONAL 2018             |             SISWA - SISWI SMP, SELAMAT MENEMPUH UNBK 2018             |             UNTUK PUTRA - PUTRI SMA, SELAMAT MENEMPUH UJIAN NASIONAL 2018             |             SISWA - SISWI SMK TARAKANITA JAKARTA & SMK PIUS X MAGELANG, SELAMAT MENEMPUH UNBK 2018             |             PROFICIAT KPD TK TARAKANITA SOLO BARU, MENJADI JUARA I LOMBA KOOR TINGKAT KABUPATEN SUKOHARJO TAHUN 2018             |             PROFICIAT KEPADA VENERINI RANUM CLASSY DEWI (SISWI SMA STELLA DUCE 2 YOGYAKARTA, PESERTA BEASISWA TARAKANITA-HARIMA, JAPAN) SEBAGAI JUARA PERTAMA (GOLD AWARD) SEKALIGUS JUARA FAVORIT (AUDIENCE AWARD) DALAM SPEECH CONTEST BAHASA JEPANG DI HIMEJI CITY, HYOGO, JEPANG

Artikel :



BELAJAR DENGAN TUTOR SEBAYA


Rabu; 22 March 2017 [Tim kehumasan, SD TARAKANITA SOLO BARU] - Artikel Umum

 

BELAJAR DENGAN TUTOR SEBAYA

SD TARAKANITA SOLO BARU MENYENANGKAN

 

                        Kata belajar untuk sebagian anak adalah hal yang menakutkan.Mereka beranggapan belajar berarti harus duduk diam, berpikir keras karena ada tes atau evaluasi di  akhir pembelajaran. Menanamkan kesadaran bahwa belajar itu penting dan menyenangkan perlu kerja keras dari semua pihak dalam hal ini sekolah dan orang tua.

                        Di sekolah belajar dalam artian sempit, yang berperanan penting adalah guru. Bagaimana pandai-pandainya guru berkreatif untuk membuat iming-iming kepada siswa agar mereka tertarik dan  belajar dengan happy dan penuh antusias. Banyak metode yang ditawarkan menyesuiakan mata pelajaran dan materi yang disampaikan.

                        Saya mencoba memakai metode yang tidak asing di dunia pembelajaran yaitu  metode  JIGSAW (MODEL TIM AHLI)diramu dan disesuaikan dengan situasi dan kondisi. Yang dimaksud situasi dan kondisi di sini adalah mata pelajarannya, materi belajarnya, SDM siswanya sehingga pembelajaran berlangsung menyenangkan. Penekanan pembelajaran di sini adalah pembelajaran tutor/rekan sebaya.

Pembelajaran dengan rekan tutor sebaya diharapkan belajar lebih relax

karena dengan teman sendiri yang secara psikologis seusia sehingga pembelajaran menyenangkan Siswa dituntut mempersiapkan diri dari pengumpulan materi, membuat rangkuman untuk teman-temannya, membuat power point (sekaligus menerapkan maple ITnya), membuat evaluasi, mengoreksi , menilai hasil kerja siswa, menjelaskan materi di depan kelas (melatih kepercayaan diri). Secara perlahan mereka diharapkan nantinya menghargai siapa pun yang berbicara di depan kelas karena persiapnnya tidak mudah.

                        Langkah pembelajaran yang saya praktikkan dalam mata pelajaran  PKn kelas 6 dengan materi Politik Luar Negeri Indonesia ini adalah :

  1. Membagi siswa ke dalam kelompok belajar ( kemampuan merata)
  2. Membagi materi pembelajaran yang berbeda : ASEAN, PBB, GNB, KAA, APEC,OPEC – OKI
  3. Masuk ke dalam kelompok untuk mempersiapkan materi :
    1. Mencari literature untuk materi
    2. Menyusun rangkuman
    3. Membuat power poin
    4. Membuat  soal evaluasi
  4. Presentasi di depan kelas :
    1. Menjelaskan
    2. Tanya jawab
    3. Tes
    4. Koreksi
    5. penilaian
  5. evaluasi bersama guru

Ternyata hasilnya luar biasa : siswa mempersiapkan dengan baik, antusias siswa saat mendengarkan presentasi, pembelajaran lebih cepat masuk dan menyenangkan.Guru sebagai fasilitator dan tidak mendominasi.

Selamat mencoba.

 

 

                                                                   Solo Baru, 6 Maret 2017

                                                                   Anastasia Dwi K (guru kelas 6 )







Komentar - komentar untuk artikel ini :
ysm - 22 March 2017 14:59:18
selain menumbuhkan motivasi belajar..tutor sebaya adalah wujud nyata dari keelaan untuk berbagi..pengembangan karakter yang luar biasa..

--ref8617--


Silahkan isi komentar pada form di bawah ini.
Nama :
Alamat Email :
Komentar :

Tuliskan Kode berikut :



Artikel Lainnya :