HOME
ABOUT
INFORMASI PPDB
PROFILE
ALUMNI
GALLERY
CAREER
EVENT
ARTICLE
DOWNLOAD

PPDB 2020/2021


DAFTAR UNIT :









Komentar Terbaru :


IP Address : 35.168.112.145
Pengunjung : 375.225


Newsflash :
MEMPERTIMBANGKAN SITUASI PANDEMI COVID-19, PEMBERLAKUAN PSBB DKI JAKARTA, DAN DEMI KELANCARAN OPERASIONAL SEKOLAH MAKA YAYASAN TARAKANITA MEMUTUSKAN MELAKUKAN PENUNDAAN RELOKASI SD TARAKANITA 2 DAN SMP TARAKANITA 1 KE JL. PULO RAYA IV/17, DAN SMK TARAKANITA KE JL. WOLTER MONGINSIDI 118. RELOKASI AKAN DILAKUKAN 1 JANUARI 2021. UNTUK KBM SEMESTER I 2020-2021 AKAN TETAP DILAKSANAKAN DI LOKASI SEKOLAH SAAT INI.             |             BERDASARKAN KEPUTUSAN PENGURUS YAYASAN TARAKANITA No : 128/BP.keb/YT/IV/2020 :             |             1. PEMBELAJARAN JARAK JAUH ( PJJ ) PESERTA DIDIK, DIPERPANJANG SAMPAI DENGAN 30 APRIL 2020. MASUK SEKOLAH KEMBALI TANGGAL 4 MEI 2020, DENGAN CATATAN SITUASI DAN KONDISI SUDAH MEMUNGKINKAN.             |             2. KARYAWAN KANTOR PUSAT, KARYAWAN KANWIL DAN SEKOLAH TARAKANITA TANGERANG, SURABAYA, JAKARTA MELAKUKAN PEKERJAAN DARI RUMAH ( WORK FROM HOME ) SECARA PENUH TANGGAL 15 - 24 APRIL 2020, DAN MASUK KERJA DENGAN SISTEM SHIFTING DIMULAI PADA TANGGAL 27 APRIL 2020. KARYAWAN KANWIL DAN SEKOLAH DI BENGKULU, LAHAT, JAWA TENGAH, DAN YOGYAKARTA MULAI TANGGAL 15 APRIL 2020 MASUK KERJA DENGAN SISTEM SHIFTING ( BERGANTIAN ). TERIMA KASIH             |             BERDASARKAN KEPUTUSAN PENGURUS YAYASAN TARAKANITA NO : 123/BP.skpjj/YT/III/2020 :             |             1. PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PPJ) / DARING UNTUK PESERTA DIDIK DAN WORK FROM HOME PENUH (UNTUK WILAYAH JAKARTA, TANGERANG, YOGYAKARTA, SURABAYA, DAN JAWA TENGAH) MAUPUN SHIFTING ( UNTUK WILAYAH BENGKULU DAN LAHAT) UNTUK KARYAWAN, DIPERPANJANG SAMPAI DENGAN 3 APRIL 2020             |             2. TANGGAL 6 S.D 14 APRIL 2020 LIBUR PASKAH UNTUK SELURUH SISWA DAN KARYAWAN             |             3. TANGGAL 15 APRIL 2020 DIRENCANAKAN MASUK KERJA DAN SEKOLAH SEPERTI BIASA, DENGAN MELIHAT SITUASI DAN KONDISI, YANG AKAN DIPUTUSKAN PENGURUS YAYASAN TARAKANITA KEMUDIAN. TERIMA KASIH             |             * UNTUK SEMENTARA BERLAKU DI TARAKANITA WILAYAH JAKARTA & TANGERANG, UNTUK WILAYAH LAIN BERLAKU SHIFTING / KARYAWAN BERGANTIAN WORK FROM HOME.             |             SEHUBUNGAN DENGAN UPAYA PENCEGAHAN PENYEBARAN COVID-19 MAKA OPERASIONAL DI KANTOR PUSAT - KANTOR WILAYAH - SEKOLAH TARAKANITA, DITIADAKAN MULAI TANGGAL 20 MARET S/D 29 MARET 2020. SELANJUTNYA PROSES BELAJAR MENGAJAR DILAKUKAN JARAK JAUH DAN LAYANAN OPERASIONAL DENGAN WORK FROM HOME. TERIMA KASIH

Artikel :



BELAJAR DENGAN TUTOR SEBAYA


Rabu; 22 March 2017 [Tim kehumasan, SD TARAKANITA SOLO BARU] - Artikel Umum

 

BELAJAR DENGAN TUTOR SEBAYA

SD TARAKANITA SOLO BARU MENYENANGKAN

 

                        Kata belajar untuk sebagian anak adalah hal yang menakutkan.Mereka beranggapan belajar berarti harus duduk diam, berpikir keras karena ada tes atau evaluasi di  akhir pembelajaran. Menanamkan kesadaran bahwa belajar itu penting dan menyenangkan perlu kerja keras dari semua pihak dalam hal ini sekolah dan orang tua.

                        Di sekolah belajar dalam artian sempit, yang berperanan penting adalah guru. Bagaimana pandai-pandainya guru berkreatif untuk membuat iming-iming kepada siswa agar mereka tertarik dan  belajar dengan happy dan penuh antusias. Banyak metode yang ditawarkan menyesuiakan mata pelajaran dan materi yang disampaikan.

                        Saya mencoba memakai metode yang tidak asing di dunia pembelajaran yaitu  metode  JIGSAW (MODEL TIM AHLI)diramu dan disesuaikan dengan situasi dan kondisi. Yang dimaksud situasi dan kondisi di sini adalah mata pelajarannya, materi belajarnya, SDM siswanya sehingga pembelajaran berlangsung menyenangkan. Penekanan pembelajaran di sini adalah pembelajaran tutor/rekan sebaya.

Pembelajaran dengan rekan tutor sebaya diharapkan belajar lebih relax

karena dengan teman sendiri yang secara psikologis seusia sehingga pembelajaran menyenangkan Siswa dituntut mempersiapkan diri dari pengumpulan materi, membuat rangkuman untuk teman-temannya, membuat power point (sekaligus menerapkan maple ITnya), membuat evaluasi, mengoreksi , menilai hasil kerja siswa, menjelaskan materi di depan kelas (melatih kepercayaan diri). Secara perlahan mereka diharapkan nantinya menghargai siapa pun yang berbicara di depan kelas karena persiapnnya tidak mudah.

                        Langkah pembelajaran yang saya praktikkan dalam mata pelajaran  PKn kelas 6 dengan materi Politik Luar Negeri Indonesia ini adalah :

  1. Membagi siswa ke dalam kelompok belajar ( kemampuan merata)
  2. Membagi materi pembelajaran yang berbeda : ASEAN, PBB, GNB, KAA, APEC,OPEC – OKI
  3. Masuk ke dalam kelompok untuk mempersiapkan materi :
    1. Mencari literature untuk materi
    2. Menyusun rangkuman
    3. Membuat power poin
    4. Membuat  soal evaluasi
  4. Presentasi di depan kelas :
    1. Menjelaskan
    2. Tanya jawab
    3. Tes
    4. Koreksi
    5. penilaian
  5. evaluasi bersama guru

Ternyata hasilnya luar biasa : siswa mempersiapkan dengan baik, antusias siswa saat mendengarkan presentasi, pembelajaran lebih cepat masuk dan menyenangkan.Guru sebagai fasilitator dan tidak mendominasi.

Selamat mencoba.

 

 

                                                                   Solo Baru, 6 Maret 2017

                                                                   Anastasia Dwi K (guru kelas 6 )







Komentar - komentar untuk artikel ini :
ysm - 22 March 2017 14:59:18
selain menumbuhkan motivasi belajar..tutor sebaya adalah wujud nyata dari keelaan untuk berbagi..pengembangan karakter yang luar biasa..

--ref8617--


Silahkan isi komentar pada form di bawah ini.
Nama :
Alamat Email :
Komentar :

Tuliskan Kode berikut :



Artikel Lainnya :