HOME
ABOUT
INFORMASI PPDB
PROFILE
ALUMNI
GALLERY
MENU PEMBELAJARAN
CARRIER
EVENT
ARTICLE
DOWNLOAD

PPDB 2019/2020


DAFTAR UNIT :









Komentar Terbaru :


IP Address : 34.231.247.139
Pengunjung : 317.955


Newsflash :
            |             PROFICIAT KPD SMA TARAKANITA 2 JKT YG TELAH MERAIH JUARA 1 LOMBA FILM PENDEK, JUARA 1 LOMBA DESAIN POSTER TINGKAT KOTA JAKARTA UTARA (AGUSTUS 2019)             |                         |             PROFICIAT UTK SD TAR.5 JKT YG MEMPEROLEH PENGHARGAAN DARI MUSEUM REKOR DUNIA INDONESIA (MURI) PADA SABTU (12/1/2019) ATAS PRESTASI MEMBUAT KERTAS TERBANYAK DARI BAHAN KERTAS DAUR ULANG OLEH PELAJAR             |             SELAMAT KPD SD TARAKANITA 5 JKT YG TELAH MERAIH PRESTASI JUARA FAVORITE GREENMECH, JUARA 2 GREENMECH, JUARA 2 ROBOT FOR MISSION DLM KOMPETISI NASIONAL 2018 GREENMECH & RTM(ROBOT FOR MISSION)YG DISELENGGARAKAN OLEH RUMAH EDUKASI DI UNIV.TARUMANEGARA PD 19/5/18             |             Proficiat kpd Wilhelmine Maria Loe dan Anna Maria Agra Nathanniela(SMA Stella Duce 1, Yogyakarta)yg memperoleh nilai tertinggi dan peringkat 3 UNBK SMA 2018 Jurusan Bahasa dan Budaya di Daerah Istimewa Yogyakarta             |             PROFICIAT KPD LIDIA SANTOSO ( SMA STELLA DUCE 1, YOGYAKARTA ) YG MEMPEROLEH NILAI TERTINGGI UNBK SMA 2018 DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA             |             SISWA - SISWI SD, SELAMAT MENEMPUH UJIAN NASIONAL 2018             |             SISWA - SISWI SMP, SELAMAT MENEMPUH UNBK 2018             |             UNTUK PUTRA - PUTRI SMA, SELAMAT MENEMPUH UJIAN NASIONAL 2018

Artikel :



PERAN KELUARGA DALAM PEMBENTUKAN PERILAKU ANAK


Rabu; 16 August 2017 [Tim kehumasan, SD TARAKANITA SOLO BARU] - Artikel Umum

Berbeda dari makluk lainnya, ketika dilahirkan,manusia baru (newbon baby) merupakan makluk tak berdaya dan sangat tergantung (dependence) pada ibunya. Menurut Neuman (1990) hubungan ibu - anak sudah dimulai sejak dalam kandungan, pada masa uroboric dimana terjadi kesatuan antara diri (the self), ego dan kebenaran (ruh Tuhan, the light). Pada masa ini hingga individu berusia 20-22 bulan merupakan masa penting hubungan ibu-anak dan pembentukan diri individu, yang disebut primal relationship.

       Dalam pandangan ahli social learning, apa yang dilakukan ibu terhadap anaknya merupakan proses yang akan diadopsi anak melalui proses social modeling. Ada hubungan kausalitas antar anak dan ibu dalam proses pembimbingan, pendampingan dan pengasuhan dalam pembentukan karakter anak. Cara ibu mengasuh dengan  kelembutan dan kasih sayang ataukah dengan kasar dan amarah serta penolakan,  akan membentuk perilaku manusia muda. Anak berperilaku baik atau buruk didasarkan atas cara pengasuhan ibunya. Anak-anak yang diasuh dengan cara diterima (acceptance) akan menjadi anak yang tumbuh dan berkembang lebih baik dibandingkan anak yang diasuh dengan cara ditolak (rejection). Anak-anak yang diasuh dengan kekerasan juga belajar kekerasan pertama kali dari ibunya, sehingga ia tumbuh menjadi anak yang menolak (anti-social) dan diikuti perilaku destruktif.

       Sebaliknya anak-anak yang diasuh dengan kasih sayang akan memiliki ikatan yang kuat dengan ibunya (emosional bonding) dan cenderung menjadi anak yang patuh (obedience) dibandingkan anak yang lemah ikatan emosionalnya.Keharmonisan dalam keluarga menurut para environmentalism juga berkontribusi terhadap perilaku anak.  Anak-anak  yang    melakukan  kenakalan dan pelanggaran hukum serta norma biasanya adalah anak-anak yang berasal dari keluarga yang tidak harmonis, orang tua tunggal atau orang tua yang menikah kembali. Anak-anak yang dibesarkan dari keluarga seperti itu memiliki pengalaman pahit dalam masa kecilnya,. Anak-anak ini belajar kekerasan dari orang tuanya dan tumbuh menjadi manusia yang keras dan susah dikendalikan.

        Sekolah merupakan salah satu sarana dalam membantu anak-anak mengembangkan akal budi, perasaan, hati nurani, kehidupan sosial dan kerohanian. Namun kembali lagi bahwa   keluarga tetap berperan penting di samping sekolah dalam memberikan pengetahuan tentang nilai baik dan nilai buruk kepada anak-anak. Dan keluargalah wadah di mana anak-anak dapat menerapkan nilai-nilai yang diajarkan di sekolah tersebut.







Komentar - komentar untuk artikel ini :
Belum ada komentar pada artikel ini..


Silahkan isi komentar pada form di bawah ini.
Nama :
Alamat Email :
Komentar :

Tuliskan Kode berikut :



Artikel Lainnya :