HOME
ABOUT
INFORMASI PPDB
PROFILE
ALUMNI
GALLERY
CAREER
EVENT
ARTICLE
DOWNLOAD

PPDB 2020/2021


DAFTAR UNIT :









Komentar Terbaru :


IP Address : 18.204.55.168
Pengunjung : 383.192


Newsflash :
MEMPERTIMBANGKAN SITUASI PANDEMI COVID-19, PEMBERLAKUAN PSBB DKI JAKARTA, DAN DEMI KELANCARAN OPERASIONAL SEKOLAH MAKA YAYASAN TARAKANITA MEMUTUSKAN MELAKUKAN PENUNDAAN RELOKASI SD TARAKANITA 2 DAN SMP TARAKANITA 1 KE JL. PULO RAYA IV/17, DAN SMK TARAKANITA KE JL. WOLTER MONGINSIDI 118. RELOKASI AKAN DILAKUKAN 1 JANUARI 2021. UNTUK KBM SEMESTER I 2020-2021 AKAN TETAP DILAKSANAKAN DI LOKASI SEKOLAH SAAT INI.             |             BERDASARKAN KEPUTUSAN PENGURUS YAYASAN TARAKANITA No : 128/BP.keb/YT/IV/2020 :             |             1. PEMBELAJARAN JARAK JAUH ( PJJ ) PESERTA DIDIK, DIPERPANJANG SAMPAI DENGAN 30 APRIL 2020. MASUK SEKOLAH KEMBALI TANGGAL 4 MEI 2020, DENGAN CATATAN SITUASI DAN KONDISI SUDAH MEMUNGKINKAN.             |             2. KARYAWAN KANTOR PUSAT, KARYAWAN KANWIL DAN SEKOLAH TARAKANITA TANGERANG, SURABAYA, JAKARTA MELAKUKAN PEKERJAAN DARI RUMAH ( WORK FROM HOME ) SECARA PENUH TANGGAL 15 - 24 APRIL 2020, DAN MASUK KERJA DENGAN SISTEM SHIFTING DIMULAI PADA TANGGAL 27 APRIL 2020. KARYAWAN KANWIL DAN SEKOLAH DI BENGKULU, LAHAT, JAWA TENGAH, DAN YOGYAKARTA MULAI TANGGAL 15 APRIL 2020 MASUK KERJA DENGAN SISTEM SHIFTING ( BERGANTIAN ). TERIMA KASIH             |             BERDASARKAN KEPUTUSAN PENGURUS YAYASAN TARAKANITA NO : 123/BP.skpjj/YT/III/2020 :             |             1. PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PPJ) / DARING UNTUK PESERTA DIDIK DAN WORK FROM HOME PENUH (UNTUK WILAYAH JAKARTA, TANGERANG, YOGYAKARTA, SURABAYA, DAN JAWA TENGAH) MAUPUN SHIFTING ( UNTUK WILAYAH BENGKULU DAN LAHAT) UNTUK KARYAWAN, DIPERPANJANG SAMPAI DENGAN 3 APRIL 2020             |             2. TANGGAL 6 S.D 14 APRIL 2020 LIBUR PASKAH UNTUK SELURUH SISWA DAN KARYAWAN             |             3. TANGGAL 15 APRIL 2020 DIRENCANAKAN MASUK KERJA DAN SEKOLAH SEPERTI BIASA, DENGAN MELIHAT SITUASI DAN KONDISI, YANG AKAN DIPUTUSKAN PENGURUS YAYASAN TARAKANITA KEMUDIAN. TERIMA KASIH             |             * UNTUK SEMENTARA BERLAKU DI TARAKANITA WILAYAH JAKARTA & TANGERANG, UNTUK WILAYAH LAIN BERLAKU SHIFTING / KARYAWAN BERGANTIAN WORK FROM HOME.             |             SEHUBUNGAN DENGAN UPAYA PENCEGAHAN PENYEBARAN COVID-19 MAKA OPERASIONAL DI KANTOR PUSAT - KANTOR WILAYAH - SEKOLAH TARAKANITA, DITIADAKAN MULAI TANGGAL 20 MARET S/D 29 MARET 2020. SELANJUTNYA PROSES BELAJAR MENGAJAR DILAKUKAN JARAK JAUH DAN LAYANAN OPERASIONAL DENGAN WORK FROM HOME. TERIMA KASIH

Artikel :



Sosial Distancing Dengan Malakukan Meditasi


Kamis; 26 March 2020 [Tim kehumasan, SD TARAKANITA SOLO BARU] - Artikel Umum

Saat ini situasi yang terjadi di seluruh dunia juga di Indonesia meminta kita semua untuk ikut memperhatikan dan berempati dengan kejadian yang luar biasa yang dialami oleh hampir semua negara di dunia. Virus Covid-19 yang sungguh mematikan, tidak memandang ras dan status  . Setiap peristiwa yang terjadi dan kita hadapi saat ini memberi pelajaran hidup  tentang iman, ada makna yg bisa diambil dari peristiwa saat ini .  

Kalau kita boleh bertanya , sebenarnya Tuhan dan alam semesta mau bicara apa melalui peristiwa corona ini...?  Kita tidak tahu datangnya kapan dan melalui apa ... satu demi satu orang terjangkit.... begitu cepat menjalar dan begitu juga dengan yang meninggal. Maka kebijakan sosial distancing diberlakukan  untuk menghambat perkembangan penyebaran pandemi covid-19 .

 Social Distancing / membatasi interaksi sosial adalah kesempatan terbaik untuk mengisolasi diri. Para leluhur kita menganggap hal itu sangat penting bagi kehidupan,  agar manusia bisa melihat kedalam dirinya sehingga memiliki keseimbangan pikir dan nalar , hati dan jiwa.  Selain itu banyak falsafah jawa mengajarkan kita tentang berbagai hal dalam menyikapi setiap peristiwa alam yang terjadi apalagi peristiwa luar biasa yang saat ini sedang kita hadapi.

Melalui sosial distancing kita perlu memaknai bahwa kita diajak untuk diam dan membebaskan diri dari beragam  kegiatan dan kesibukan. Dengan diam berarti berhenti dari aneka agenda  kegiatan yang membuat hidup menjadi rutin dan kurang untuk berefleksi diri . Sehingga suasana hening , sunyi dan tenang tidak pernah kita dapatkan karena hanya dengan diam kita bisa masuk kedalam kondisi hening sehingga seluruh panca indra kita dapat bekerja dengan optimal dan kita bisa fokus, memusatkan perhatian pada apapun yang ditangkap, dialami dan disampaikan oleh seluruh indra kita artinya seluruh kesadaran kita akan meningkat.

Melalui kesadaran bisa memahami fenomena apapun yang telah , sedang dan akan terjadi. Juga bisa memahami pesan – pesan  Allah melalui media apapun, dalam wujud dan cara apapun sesuai kehendak-NYA. Selain itu kita juga akan mengalami pencerahan sehingga mampu menyikapi situasi dan kondisi yang ada saat ini dan mengambil keputusan serta menjalani kehidupan yang lebih baik.

Kesadaran adalah ibu dari segala perbuatan , mari kita mulai belajar sadar . Masih ada sebagian orang yang belum memahami dan kurang menyadari situasi yang terjadi saat ini, mereka masih menganggap remeh virus ini, padahal sudah banyak penderita yang meninggal, terutama mereka yang dengan rela berkorban untuk membantu menangani dan merawat agar orang yang terkena virus corona bisa disembuhkan dan diselamatkan.

Memilki kesadaran untuk melakukan gerakan bersama social distancing akan membantu mencegah penyebaran virus covid-19, supaya upaya yang sudah dilakukan oleh pemerintah dan didukung oleh banyak lembaga tidak sia-sia . Kita bangga dan hormati pengorbanan yang dilakukan para medis, dokter dan perawat sampai merenggut nyawa mereka yang sangat berharga.

Kita dukung gerakan social distancing ini dengan melakukan aktivitas positif dirumah melalui bekerja dirumah, olah raga ringan, bersih-bersih rumah, menanam/berkebun, membaca, mendampingi belajar anak-anak dan aktivitas rumah tangga lainya . Selalu berfikir positif  dan tetap waspada selalu meluangkan waktu untuk malakukan meditasi karena penting untuk menangkal firus dan untuk kesehatan, ketenangan dan kebahagiaan.  Kita bersama – sama berdoa supaya Indonesia sehat , cepat terbebas dari virus corona dan dijauhkan dari wabah lainnya.

 

                                                                                                             Elisabeth Sri Maryati







Komentar - komentar untuk artikel ini :
Belum ada komentar pada artikel ini..


Silahkan isi komentar pada form di bawah ini.
Nama :
Alamat Email :
Komentar :

Tuliskan Kode berikut :



Artikel Lainnya :