HOME
ABOUT
INFORMASI PPDB
PROFILE
EMAIL
ALUMNI
GALLERY
MENU PEMBELAJARAN
CARRIER
EVENT
ARTICLE
DOWNLOAD

Informasi PPDB


DAFTAR UNIT :



IP Address : 54.198.164.83
Pengunjung : 194.680






Komentar Terbaru :




Newsflash :
SISWA - SISWI SMP, SELAMAT MENEMPUH UNBK 2018             |             UNTUK PUTRA - PUTRI SMA, SELAMAT MENEMPUH UJIAN NASIONAL 2018             |             SISWA - SISWI SMK TARAKANITA JAKARTA & SMK PIUS X MAGELANG, SELAMAT MENEMPUH UNBK 2018             |             PROFICIAT KPD TK TARAKANITA SOLO BARU, MENJADI JUARA I LOMBA KOOR TINGKAT KABUPATEN SUKOHARJO TAHUN 2018             |             PROFICIAT KEPADA VENERINI RANUM CLASSY DEWI (SISWI SMA STELLA DUCE 2 YOGYAKARTA, PESERTA BEASISWA TARAKANITA-HARIMA, JAPAN) SEBAGAI JUARA PERTAMA (GOLD AWARD) SEKALIGUS JUARA FAVORIT (AUDIENCE AWARD) DALAM SPEECH CONTEST BAHASA JEPANG DI HIMEJI CITY, HYOGO, JEPANG             |             SELAMAT KEPADA SD TARAKANITA 3 ATAS PENGHARGAAN SEBAGAI SEKOLAH PEDULI KEBERSIHAN PROVINSI DKI JAKARTA 2017             |             Selamat kepada Reynard Adrian Simajuntak dan Cristoper marcellino Siswa Stella Duce Yogyakarta yang membawa medali di ajang Expo Science Mexico 2017 pada 04 11 Desember 2017             |             SELAMAT DATANG PARA PESERTA OLIMPIADE SAINS TARAKANITA NASIONAL YG DISELENGGARAKAN DI SMA TARAKANITA 1 PULO RAYA, JAKARTA 8 - 10 NOVEMBER 2017             |             PROFICIAT KPD WILLIAM SETIAJI (SISWA SMP ST.CAROLUS SURABAYA) YG BERHASIL MEMPERTAHANKAN GELAR JUARA 1 OLIMPIADE FISIKA TINGKAT NASIONAL YG DISELENGGARAKAN OLEH UNIVERSITAS NEGERI MALANG             |             PROFICIAT KPD KEVIN NARENDRA DHIRESWARA (SISWA SMP STELLA DUCE 2) YG MEMPEROLEH JUARA 1 FLSSN CABANG GITAR SOLO TINGKAT NASIONAL

Berita Kegiatan :



PENYULUHAN MAKANAN SEHAT

Rabu; 04 April 2018 [Tim kehumasan, SD TARAKANITA SOLO BARU] - Berita Umum

(Oleh : BPOM Jawa Tengah)

Solo Baru, Kamis-22 Maret 2018

Perhatian masyarakat terhadap kesehatan pantas mendapat apresiasi kita semua. Apresiasi juga pantas kita berika kepada BPOM Jawa Tengah yang bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Sukoharjo. Mereka mengadakan sidak ke berbagai sekolah di wilayah Kabupaten Sukoharjo. Tidak terkecuali ke SD Tarakanita Solo Baru yang dalam hal ini menyandang sebagai Juara II Sekolah Sehat Tingkat Nasional.

Tim BPOM Jateng secara mendadak mendatangi sekolah dan memberi beberapa makanan di sekitar sekolah dan kantin sekolah. Dari beberapa uji sampling semua makanan yang dijual di kantin sekolah dinyatakan aman dan bebas dari bahan pengawet dan pewarna makanan berbahaya. Sedangkan makanan yang dijual di luar sekolah beberapa makanan dinyatakan mengandung zat dan pewarna makanan berbahaya. Zat tersebut antara lain borak dan rodamin B.

BPOM juga membawa contoh-contaoh makanan yang mengandung zat dan pewarna berbahaya. Di sarankan kepada anak-anak supaya tetap menjaga kesehatan dengan mengkonsumsi makanan secara sehat dan seimbang. Maka untuk mengetahui makanan layak dikonsumsi atau tidak diberikan tips “KLIK’ yaitu Kemasan, Label, Ijin, dan Kadaluwarsa.

Makanan yang layak konsumsi jika kemasan masih bagus, segel masih utuh,dsb. Ada label yang meyatakan suatu produk perusahaan makanan tertentu. Ijin dari BPOM RI dengan Kode MD dan ML disertai12 digit angka. Masa kadaluwarsa sangatlah penting untuk mengetahui kualitas dan kelayakan konsumsi sekaligus untuk keselamatan konsumen.

Bahan-bahan pengawet makanan yang aman dikonsumsi antara lain:

Garam :Garam termasuk pengawet alami yang juga ampuh menangkal microorganisme penyebab kerusakan makanan. Contoh makanan yang diawetkan menggunakan garam, misalnya : ikan asin, asinan sayur, dan lain sebagainya.

Gula pasir : Gula pasir tidak hanya memberikan rasa manis, tapi juga berfungsi mengawetkan makanan karena microorganisme tidak bisa tahan hidup didalamnya. Bahan yang bisa diawetkan dnegan gula pasir, antara lain : manisan, selai, dan lain sebagainya.

Gula merah : Seperti halnya gula tebu, gula merah juga berfungsi sebagai pemanis sekaligus pengawet. Ini bisa digunakan untuk mengawetkan masakan, serundeng daging, bacem, dan lain sebagainya.

Kunyit : Selain memberikan efek warna yang bagus, kunyit juga berfungsi sebagai pengawet. Bahan yang biasa diawetkan menggunakan kunyit, antara lain : tahu kuning, ikan bumbu kuning, dan lain sebagainya.

Cengkih : Tidak hanya berfungsi sebagai penambah aroma makanan, cengkih juga berfungsi mengawetkan makanan dan mencegah tumbuhnya jamur pada makanan.

Kayu manis : Selain berfungsi menambah aroma makanan, kayu manis juga mengandung asam benzoat yang ampuh membantu mengawetkan makanan, misalnya : penggunaan pada selai dan minuman.

Lemon : Lemon kaya vitamin C yang membantu melenyapkan microorganisme perusak gizi makanan sehingga dapat membantu mengawetkan bahan makanan. Caranya : sebelum disimpan, Anda bisa melumuri daging, ikan, ayam atau sayuran dengan air lemon.

Cuka : Cuka mengandung zat yang mampu membunuh microorganisme dan bakteri pembusuk makanan. Contoh makanan yang diawetkan dnegan cuka, misalnya : acar, makanan kaleng, dan lainnya. Anda juga bisa melumurkan pada daging, ayam, ikan mentah sebelum disimpan dalam kulkas.

Minyak : Minyak berfungsi memperlambat proses oksidasi sehingga microorganisme lebih cepat mati. Untuk itu, tak heran jika makanan yang digoreng memiliki ketahanan lebih lama dibandingkan direbus.

Bawang putih : Bawang putih tidak hanya berfungsi menyedapkan masakan, tapi juga pengawet karena mengandung zat-zat yang ampuh membunuh bakteri yang bersifat merusak makanan.

Dengan penyuluhan ini semoga pola konsumsi kita semua semakin baik sehingga terhindar dari gangguan kesehatan yang membahayakan nyawa. (Mas_Sri)







Komentar - komentar untuk berita ini :
Belum ada komentar pada berita ini..


Silahkan isi komentar pada form di bawah ini.
Nama :
Alamat Email :
Komentar :

Tuliskan Kode berikut :



Berita Lainnya :